BRI akuisisi anak Bahana Artha Ventura untuk kembangkan bisnis modal ventura

Perbankan semakin gencar memasuki bisnis modal ventura. Sebelumnya BCA dan Mandiri telah memiliki anak usaha yang bergerak di bidang usaha ini. Terbaru, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk juga telah resmi memiliki anak usaha modal ventura.

Bank dengan sandi saham BBRI ini telah membeli seluruh saham PT BRI Ventura Investama (BRI Ventures) yang sebelumnya dimiliki oleh PT Bahana Artha Ventura (BAV). Sebelumnya nama BRI Ventures adalah PT Sarana Nusa Tenggara Timur Ventura.

Berdasarkan keterbukaan informasi yang disampaikan kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), Lewat aksi korporasi ini, BRI memiliki 15.874 saham BRI Ventures atau setara dengan 97,61% dari seluruh saham yang diterbitkan oleh BRI Ventures. Adapun nilai transaksi ini sebesar Rp 3,09 miliar.

Surat yang ditandatangani oleh Sekretaris Perusahaan BRI, Bambang Tribaroto menyatakan transaksi ini sudah dilaksanakan pada Kamis (20/12). Tulis Bambang, pelaksanaan transaksi ini mengakibatkan BRI Ventures menjadi anak perusahaan yang terkonsolidasi dengan BRI.

Selain itu IDN Poker, BRI mengharapkan anak usaha baru ini, dapat mendukung tercapainya aspirasi BRI untuk menyediakan layanan keuangan terintegrasi. Nantinya BRI Ventures akan melakukan strategic investment pada perusahaan-perushaan yang memiliki bisnis yang sejalan dengan BRI Group.

Sedangkan fokus BRI Ventures nantinya adalah perusahan start up yang masih pada tahap pertumbuhan yang memiliki potensi sinergis dengan BRI Group. Pasca diakusisi, BRI Ventures akan pindah dari Kupang ke Jakarta, perubahan manajemen, dan perekrutan karyawan baru.